Seberapa pentingkah IP itu ?!

IP memang penting, tapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana kamu mengasah kualitas diri di bangku kuliah ini. penelitian di Amerika bilang, IP itu no. 17 dari 20 kualitas yang dianggap penting dari seorang lulusan universitas. kamu tahu yang paling pentig itu apa ? "pengalaman, pak!" Pak Wanisar menggeleng. "itu juga betul... tapi ada lagi hal paling penting yang harus kamu miliki ketika lulus nanti... soft skill!"
aku mengernyitkan hati

"soft skill itu adalah kemampuan nggak terlihat yang diperlukan untuk menjadi sukses, misalnya kemampuan bekerjasama, motivasi, kemampuan berorganisasi, percaya diri, kepribadian yang ramah, integritas.... semua itu penting sekali untuk kamu miliki."

aku menatapnya serius.


" yang paling penting lagi, yang satu ini menduduki peringkat pertama survei..... kemampuan berkomunikasi ! jangan kamu anggap iklan-iklan di koran yang bilang able to communicate itu main-main, itu betul diperlukan dalam dunia kerja. mau sepintar apapun, kalau kamu tidak mampu berkomunikasi dengan baik, nihil ! kamu punya ide brilian tapi tidak mampu mengkomunikasikannya dengan baik, maka tidak akan ada yang memnganggap ide kamu itu sebagai ide yang brilian. kamu harus pahami benar hal itu dari sekarang."

"Caranya bagaimana, Pak ?"

"Idealnya kalau kamu mengasah soft skill, seorang mahasiswa harus punya kehidupan yang seimbang aktivitas akademik dan di luar akademik. jadi nanti ketika kamu lulus, bukan cuma punya gelar saja.... tapi juga kualitas diri. kualitas itu yang akan jadi daya saing pas ketemu dunia kerja."


dikutip dari novel 9 Matahari hal 93-94. Adenita.

Comments

Popular posts from this blog

Parenting : Bagaimana jadi emak rempong yang sabar ?

Pecah ketuban dini