Perpanjang SIM C di Satlantas Polres Tulungagung

Postingan kali ini, masih hangat, yakni informasi tentang "perpanjangan SIM"

Jum'at pagi perjalanan dari ngunut ke kantor satlantas polres Tulungagung untuk memperpanjang SIM C, setiba di polres, motor langsung aku parkir di tempat parkir. 

[percakapan di tempat parkir] 

petugas parkir : mau mengurus apa mba ?
aku                  : memperpanjang sim 
petugas parkir : mau dibantu ?
aku                  : tidak Pak, terimakasih... 
(pengen belajar sendiri, pengen tahu prosesnya, kebetulan juga sendirian, tidak ada yang mengantar), alhamdulillah... 

Langsung aku langkahkan kaki mencari papan informasi "alur pembuatan/perpanjangan SIM", jika di satlantas polres Tulungagung, terletak di depan loket pengambilan formulir. Setelah memiliki gambaran tentang alurnya, dan sebelum mulai bergerak, tak ada salahnya bertanya pada pengunjung lain, dan alhamdulillah... ada pengunjung yang berbaik hati menjelaskan dengan detail langkah-langkah untuk memperpanjang SIM, dan memberi tahu berapa besar biayanya. langkah-langkah untuk memperpanjang SIM C sebagai berikut: 

          Hal-hal yang perlu disiapkan : SIM lama dan KTP 
  1. Fotocopy SIM lama dan KTP (tempat fotocopy sudah ada di dalam kantor satlantas tulungagung) nanti akan dapat fotocopy SIM lama, focopy KTP, dan map. Fotocopy bayar 2rb.
  2. Focopy SIM, KTP, dan map tersebut dibawah ke tempat pemeriksaan kesehatan, letaknya dibelakang satlantas polres tulungagung, ada papan petunjuk didekat satlantas, masuk mengikuti gang kecil, akan bertemu dengan tempat cek kesehatan. Nah..disini, pertama akan membayar asuransi kesehatan sebesar 30rb, kemudian cek kesehatan, 20rb (tidak ada tes kesehatan, hanya mendapat sebuh surat kesehatan, hehe) Ingat, SIM dan KTP asli juga ditanya, tetep dibawa kembali. 
  3. Langkah selanjutnya, semua berkas dimasukan pada loket formulir, dan menunjukkan KTP dan SIM. Lantas berkas tersebut dibawah ke loket pembayaran bank BRI yang tepat bersebelahan.
  4. Ketika di loket pembayaran Bank BRI, masukan berkas dan membayar 75rb untuk perpanjangan SIM C. 
  5. Lanjut untuk foto SIM 
  6. Tempat untuk foto sebelah ruangan uji teori. berkas yang kita bawa kita masukan ke loket untuk mendapatkan nomer antrian foto. 
  7. Foto SIM sesuai nomer antrian, menunggu sebentar untuk dipanggil, pemberian SIM baru. 
  8. Waktu yang diperlukan hanya sekitar 10 - 15 menit. Entah..pagi ini satlantas polres Tulungagung agak sepi. 
untuk memperpanjang SIM C total besar biaya yang diberikan Rp. 97.000 tanpa asuramsi (kalau aku terlanjur daftar asuransi 30rb, sebenarnya tidak wajib, bisa menolak, buat pengalaman, akibat kurang riset, kurang menggali informasi detail di internet,  --'')

semoga bermanfaat 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Parenting : Bagaimana jadi emak rempong yang sabar ?

Pecah ketuban dini